Cara merawat Lcd biar Awet



LCD notebook merupakan salah satu komponen dalam notebook yang sangat Vital, dan tentu sangat mahal harganya ..kiasannya  harga LCD notebook hampir setengah nya dari harga notebook tersebut. kerusakan dilcd bMisa karena faktor bawaan pabrik. dan juga Human Error ,seperti idak sengaja membenturkannya di benda / bidang yang padat .menindih bagian laptop dengan sesuatu yang mempunyai massa yang berat dan banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan Lcd notebook anda menjadi rusak.

Permasalahan di lcd sangatlah kompleks. ada yang pecah ..( Jelas itu merupakan kesalahan dan kelalain di pengguna ) ,ada yang layarnya redup dan bergaris getar getar / muncul hilang .untuk masalah yang 2 ini jangan kita langsung menjudge bahwa LCDnya lah yang rusak .sebaiknya Kita periksa dahulu .

  • layar Lcd tiba tiba redup / redup ketika di nyalakan . jika kita di hadapkan oleh gejala / kerusakan di lcd model seperti ini ada baiknya kita Periksa 3 komponen yang melekat di Lcd.yaitu Inferted , Lampu di lcd, dan kabel ( sangat jarang di temukan oleh notebook lain kecuali IBM dan Lenovo ).inferted merupakan sebuah komponen yang mengatur tegangan Voltase ./listrik untuk menyalakan Lampu di lcd. jadi pertama kita harus periksa dahulu bagian Inferted , terutama di bagian Viosnya . jika pengecekan di Inferted sudah di lakukan dan hasilnya Inferted anda tidak masalah ,berarti 70% kerusakan ada di bagian Lampu Lcdnya untuk kerusakan di lampu tidak ada solusi lain selain menggantinya dengan yang baru.mengapa saya bilang 70% dan tidak Bilang 100 % .karena 30%nya Untuk hal yang terburuk lagi yaitu rusak di mainboardnya .jika sudah kena mainboardnya .apa dan bagaimana letak dan solusi kerusakannya akan saya jabarin di artikel saya berikutnya.

     
  • Layar Bergaris muncul hilang. coba kenali dahulu kerusakannya .dengan cara memeriksa bagian kabelnya .terutama di bagian soket di lcdnya maupun di mainboardnya.jika hal tersebut sudah di lakukan dan garis garis tersebut masih muncul kemungkinan besar pixel di Lcd sudah akan rusak.dan membentuk suatu garis yang permanen. Jika sudah begitu biasanya garis garis tersebut akan bertambah banyak atau bisa membuat layar ngeblok hitam sebagian . 



    Cara Merawat dan menjaga Lcd, sebenernya sih ga terlalu ribet” amat .

    Hindari menaruh barang barang berat, seperti buku yg berukuran tebal, atau apalah yang mempunyai  massa yang berat

    Berhati hati dalam membawa laptop jika berpergian ,terkadang tanpa di sadarin laptop kita terpentok. Hal tersebut bisa membuat pixel jadi mati dan berakibat garis

    Dan yang terakhir jangan menaruh laptop dengan keadaan layar yang  tertutup/ terlipat di ruang yang panas atau dalam tas apalagi laptop tersebut dalam keadaan standby dan dalam waktu yang lama. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan layar laptop  jadi mengkerut. Hal tersebut sering terjadi di lcd notebook yang bertype TFT.




1 comment:

Post a Comment